Apa itu Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl?

Hayyin Layyin Qarib dan Sahl


Jika setiap orang yang ada di dunia ini ditanya apakah mau masuk neraka kelak? Apabila akal dan pikiran orang tersebut normal pastilah akan menjawab tidak mau. Siapapun orang itu, entah orang tersebut merupakan orang yang ahli ibadah, ulama, ustadz/ustadzah pastilah tidak akan mau masuk neraka, jangankan mereka, orang yang selama hidupnya tidak pernah melakukan sholat, tidak pernah berpuasa di bulan Ramadhan, penjahat kelas kakap atau penguasa/pejabat korup pasti juga maunya tidak masuk neraka sedikitpun.

Kali ini admin akan berbagi tentang beberapa golongan orang yang kelak tidak tersentuh api neraka, siapa sajakah dia? Apakah kita termasuk golongan orang tersebut? atau maukah anda termasuk didalamnya?




Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda didepan para sahabat:

Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram baginya tersentuh api neraka? Para sahabat menjawab "mau wahai Rasulullah." Maka beliau menjawab, "yang haram tersentuh api neraka adalah orang yang Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl.

Hadits Riwayat Tharmizi, Ibnu Hibban dishahihkan Al Albani

Hayyin

adalah golongan orang yang mempunyai ketenangan dan keteduhan baik secara lahir maupun bathin, tidak labil dan juga tidak mudah emosi atau terpancing amarah, tidak gampang mencela orang lain, melaknat maupun menyalahkan orang lain, penuh dengan pertimbangan dan sangat teduh jiwanya.

Layyin

yaitu golongan orang yang lembut juga santun, selalu baik dalam berbicara maupun bersikap, tidak kasar, tidak semaunya sendiri, tidak galak, tidak suka marah dengan orang lain yang berbeda pendapat dengannya, tidak suka melakukan pemaksaan kehendak maupun pendapat, lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk semua ummat manusia

Qarib

kita mengenalnya dengan sebutan Akrab atau bersahabat, ramah apabila diajak berbicara sehingga membuat senang lawan bicaranya, wajah yang berseri-seri dan murah senyum serta suka menebar salam kepada siapapun.

Sahl

yaitu golongan orang yang tidak membuat sesuatu menjadi sulit, selalu ada solusi untuk setiap permasalahan yang sedang dihadapi, tidak suka hal yang berbelit-belit, tidak menyusahkan orang lain dan tidak membuat orang lain lari atau menghindar.




No comments:

Powered by Blogger.